Tuesday, October 29, 2019

Beberapa Manfaat Yang Diperoleh Madu Hitam


Sebagai bahan pemanis alami, madu memiliki warna yang kecokelatan yang begitu sangat menarik perhatian dari orang-orang. Namun tetapi, ternyata terdapat madu yang warnanya lebih pekat jika di bandingakan dengan madu biasa, yakni madu hitam. Apakah manfaat madu hitam ini sama dengan manfaat dari madu pada umumnya? Yuk mari simak ulasa beritu ini yang sudah dirangkum oleh https://starxxi.com/ untuk bisa mengetahui jawabannya.

Apa Itu Madu Hitam?

Madu hitam adalah madu yang berasal dari jenis bungga mahoni, sehingga warna madunya lebih hitam dan pekat. Selain itu, jenis madu ini memiliki rasa yang lebih pahit dari pada jenis madu pada umumnya.

Sumber rasa pahit yang terdapat pada madu hitam ini berasal dari senyawa alkaloid yang terdapat pada pohon mahoni. Namun tetapi, justru dari senyawa alkaloid inilah yang membuat madu hitam ini menjadi begitu banyak manfaat yang bisa anda peroleh.

Selain itu juga, jenis madu hitam ini juga mengandung beberapa macam zat lainnya yang ternyata begitu baik untuk kesehatan tubuh anda, seperti flavonoid dan saponin.

Manfaat Madu Hitam

Di tahun 2013, sudah terdapat sebuah hasil penelitian yang dimana dimuat dalam Irania Journal Of Basic Medical Sciences yang meneliti tentang penggunaan madu tradisional dan modern untuk kesehatan tubuh manusia. Di sana diketahui kalau madu hitam tersebut mengandung antioksidan yang begitu tinggi dari pada madu pada umumnya.

Hal ini di sebabkan, madu yang terdapat mengandung senyawa flavoid ini memiliki sebuah kandungan fenolik total yang sangat banyak, sehingga efeknya pun cukuplah besar terhadap kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, sudah banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa semakin hitam warna sebuah madu, maka semakin banyak nutrisi dan juga vitamin yang dimiliki oleh madu tersebut.

Maka dari itu, kebanyakan orang percaya kalau madu hitam mempunyai manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh manusia, seperti:

1. Membantu Untuk Mengobati Maag


Manfaat madu hitam yang pertama adalah dapat membantu mengobati sakit maag (Sindrom Dyspepsia). Madu hitam ini diketahui dapat membantu untuk mengatasi gejala maag yang sangat cukup mengganggu, seperti maual dan sakit perut.

Salah satu yang menyebabkan seorang merasakan gejala penyakit maag adalah tukak lambung. Nah, madu sendiri mempunyai sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga dapat membantu untuk mengurangi gejala tukak lambung yang diakibatkan infeksi Helicobacter pylori.

2. Cocok Untuk Penyandang Diabetes


Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa madu hitam ini mengandung alkaloid yang begitu banyak dan sefatnya baik bagi yang meiliki penyakit diabetes. Tidak hanya itu saja, madu hitam ini mempunyai kadar glukosa yang sangat rendah, sehingga berkemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara cepat.

Bahkan, menurut sebuah hasil penelitian dari Journal Pharmaceutical Biologi jenis tanaman yang mengandung senyawa alkolid ini juga menunjukkan sebuah aktivitas antiheperglikemik pada uji coba pada tikus yang memiliki penyakit diabetes.

Itu sebabnya, jenis madu hitam ini memiliki banyak kandungan alkaloid ini berkemungkinan besar mempunyai manfaat terhadap pengobatan penyakit diabetes.

Walaupun demikian, masih belum ada hasil penelitian pada manusia yang bisa membuktikan apakah hal ini benar-benar aman untuk di konsumsi. Ana sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

3. Menyehatkan Kulit


Hal seperti ini sudah menjadi rahasia pada umumnya madu dapat membantu untuk proses penyembuhan luka pada kulit, sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk menyamarkan bekas luka jerawat. Selain itu, madu hitam juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam kecil di permukaan kulit pada wajah.

Hal tersebut di sebabkan madu hitam dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit wajah karena memiliki sifat eksfoliasinya.

Dicobalah untuk mengoleskan jenis madu hitam pada permukaan kulit wajah anda maksimal dua kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk tetap mamakai minyak zaitn untuk tetap menjaga kelembapan kulit wajah sesudah dioleskan madu hitam.

Berikut itulah penjelasan kami tentang beberapa manfaat yang diperoleh madu hitam. Semoga informasi dari kami bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment